Cara Menulis Arab di Word

2 min read

Cara Menulis Arab di Word

Cara Menulis Arab di Word – Guru bahasa Arab kebanyakan sudah tau atau bisa menulis bahasa Arab di komputer.

Salah satu contoh yang umum digunakan adalah perangkat lunak Microsoft Word.

Pembuatan bahasa Arab merupakan salah satu kebutuhan dalam bidang pendidikan, tidak hanya untuk seorang guru, terkadang siswa juga mendapatkan tugas yang berkaitan dengan penulisan Bahasa Arab di Microsoft Word.

Sebenarnya membuat tulisan Arab tidaklah sulit, apalagi jika ingin belajar Microsoft Word, Microsoft sendiri juga sudah menyediakan fitur ini, jadi kita tinggal mengaktifkan fitur tersebut agar bisa menulis bahasa arab.

Baca Juga : CooCoo Whatsapp

Cara Membuat Tulisan Arab di Komputer

Cara ini bisa kalian gunakan di semua versi Windows, baik itu Windows 7, 8, atau 10, Selain itu, bahasa Arab juga akan otomatis mendukung Microsoft Office 2007, 2010, 2013, dan 2016.

Dalam contoh ini, saya menggunakan Microsoft Word 2016 dengan Windows 10, Jika kalian pengguna Windows 7 atau 8, mungkin terlihat sedikit berbeda, jadi sesuaikan saja.

Artikel Lainnya : GB WhatsApp

Berikut langkah-langkahnya:

1. Menambahkan Bahasa Arab ke Komputer

Menambahkan bahasa Arab dapat dilakukan melalui menu pengaturan Windows.

Berikut langkah-langkahnya (Windows 10):

  1. Klik ikon Windows di kiri bawah lalu ketik “languange”, Menu pengaturan bahasa akan muncul seperti gambar di bawah ini.
  2. Sekarang, silakan klik menu untuk masuk ke languange settings Windows 10, Kemudian klik “tambahkan bahasa pilihan”, Kemudian, gulir ke bawah dan pilih Arab (Arab Saudi), Setelah itu klik selanjutnya.
  3. Selanjutnya proses penambahan preferensi bahasa arab pada komputer akan berjalan, Silahkan tunggu saja sampai selesai sampai tampilan pada bagian bahasa yang disukai akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

Sekarang setelah pengaturan bahasa Arab tersedia di komputer kalian, kalian hanya perlu mengaktifkannya jika kalian ingin menulis dalam bahasa Arab.

Baca Juga Artikel Lainnya : Cara Menonton TV di Laptop

2. Mengubah Bahasa Keyboard Menjadi Arab

Meskipun bahasa Arab sudah terinstal di komputer, bahasa yang aktif tetap bahasa yang sebelumnya diaktifkan secara default oleh sistem.

Sebab karena itu, untuk dapat menulis bahasa Arab di Word, kalian harus mengubah pilihan bahasa yang aktif menjadi bahasa Arab.

Caranya tidak sulit sama sekali, kalian tinggal klik icon “ENG” di bagian kanan bawah layar monitor.

Kemudian, daftar opsi bahasa akan muncul. Sekarang, silakan klik bahasa Arab (Arab Saudi) atau jenis bahasa Arab lainnya yang kalian instal di langkah pertama.

Selain itu, kalian juga dapat menggunakan pintasan tombol Windows + Spasi untuk beralih dari satu bahasa ke bahasa lain dengan cepat.

Setelah mengaktifkan bahasa Arab, kalian hanya perlu mengaktifkan keyboard di layar (On Screen Keyboard) dan mulai menulis huruf Arab di Microsoft Word.

Baca Juga : APN Axis 4G Tercepat

3. Mengaktifkan Bahasa Arab di Keyboard

Dengan keyboard ini kalian tidak akan bingung lagi karena keyboard di layar secara otomatis menyesuaikan dengan bahasa yang kalian pilih.

Untuk mengaktifkan keyboard ini, klik Start> Windows Accessibility> On-Screen Keyboard.

4. Cara Menulis Arab di Microsoft Word

Untuk kalian yang ingin mengetik menggunakan bahasa Arab di Microsoft Word, saya menyarankan untuk mengunakan font Arabic Typesetting dengan Perataan Kanan Arab.

Hal penting lainnya yang selalu ada dalam aksara Arab adalah harakat.

Untuk menambahkan vokal ke huruf, kita dapat menggunakan shortcut keyboard. Berikut adalah cara shortcut dasar yang perlu kalian ketahui:

  • Shift + Q = Fathah
  • Shift + A = Kasrah
  • Shift + E = Dammah
  • Shift + W = Fathah Tanwin
  • Shift + S = Kasrah Tanwin
  • Shift + R = Dammah Tanwin
  • Shift + X = Sukun
  • Shift + ~ = Tasydid

Metode diatas digunakan memakai shortcut dan setelah mengetik huruf, Jadi, setelah huruf diketik, kursor akan otomatis berada di belakang huruf, Nah, saat itulah kalian memberikan harakat pada huruf itu.

Beberapa mungkin bertanya, “Mengapa tidak ada harakat fathah, kasrah, dan dammah yang lurus?”

Untuk semua harakat ini tidak ada di shortcut.

Kalian bisa mengaturnya sendiri seperti yang akan saya jelaskan dibawah ini:

Klik tab Insert > Lalu pilih Symbol > klik More Symbols

Setelah kalian mengklik More Symbols, akan muncul jendela baru yang berisi berbagai simbol. Untuk menulis fathah, kasrah, dan dammah secara tegak, ada kode khusus yang harus ditulis.

  1. 0670 = Fathah tegak
  2. 0656 = Kasrah Tegak
  3. 0657 = Dammah tegak

Sebelumnya, kalian harus mengubah font karakter/simbol agar sesuai dengan bahasa yang digunakan sebelumnya, yaitu Arabic Typesetting.

Ubah juga Subset menjadi bahasa Arab, Setelah itu, masukkan saja kode tersebut pada kolom Kode karakter

Penutup

Begitulah cara menulis bahasa arab di komputer, lebih tepatnya di microsoft word, Bagaimana, sangat mudah bukan?

Ya seperti itu, jika kalian tidak mengerti tekniknya akan terlihat sulit, tetapi jika kalian terbiasa, setelah beberapa saat kalian dapat melakukannya sendiri.

Cukup sampai disini dulu, sekian artikel yang bisa saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan melengkapi pemahaman luas kita semua. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Terimakasih.

Artikel Lainnya : Cara Transfer Pulsa Indosat

Rate this post

Aktivasi Smartfren 4G LTE

Ami_Bagus
1 min read

Auto Like Yang Masih Aktif

Ami_Bagus
1 min read

Cara Menggunakan Nomao

Ami_Bagus
1 min read